Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD Bersama Instansi Terkait Pangkas Pohon Rawan Tumbang

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 26 Juni 2022 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Cuaca ekstrem yang terjadi beberapa waktu belakangan ini perlu diwaspadai. Tidak jarang, cuaca hujan disertai angin mengakibatkan pepohonan di dalam Kota Pangkalan Bun yang kondisinya lapuk dapat tumbang.

Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), bersama instansi melakukan pemangkasan hingga penebangan pohon yang rawan tumbang. Seperti di area Rumah Jabatan Bupati Kobar dan halaman depan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kobar.

Di lokasi rujab bupati, BPBD Kobar menjalankan tugas bersama instansi terkait, antara lain Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan dan juga dibantu personel Bagian Umum Setda.

Beberapa pohon berukuran besar dengan diameter antara 5-50 centimeter dipangkas. Itu karena dahannya sudah lapuk dan melebar ke arah Jalan Prakusuma Yudha. Begitu pula beberapa pohon yang ada di sekitar lingkungan DPK.

Kepala Pelaksana BPBD Kobar melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Martogi Siallagan mengatakan, memasuki musim penghujan, pemangkasan ini perlu untuk mencegah munculnya korban akibat patahan ranting pohon.

"Pohon yang dahannya lumayan besar itu bahay. Jika waktu hujan disertai angin, bisa patah dan ranting yang lapuk itu bisa mengenai warga yang beraktifitas," ujarnya, Minggu, 26 Juni 2022.

Dia melanjutkan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kobar sering dikunjungi anak-anak. Sehingga, kawasan tersebut harus betul-betul dijaga agar aman dan nyaman bagi pengunjung perpustakaan.

"Alangkah baiknya mencegah terjadinya pohon tumbang, agar pengunjung perpustakaan tetap aman," ungkapnya.

Selain 2 pohon ketapang yang ada di DPK, personel juga memangkas pohon mati yang ada di pinggir Jalan Sutan Syahrir, tepatnya di depan Pengadilan Negeri Pangkalan Bun. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru