Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Optimalkan APBD untuk Pelayanan dan Kesejahteraan Masyarakat

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 Juni 2022 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekertaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng), Nuryakin mengingatkan untuk memfungsikan alokasi APBD berjalan optimal untuk pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat.

"Peningkatan kualitas belanja daerah diantaranya memastikan keseluruhan instrument pengaturan belanja yang bertujuan untuk memfungsikan alokasi APBD berjalan optimal untuk pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat," sebut Nuryakin saat membacakan sambutan gubernur, Selasa 28 Juni 2022.

Nuryakin menyinggung potensi untuk penambahan dana bagi hasil jenis lainnya termasuk dana bagi hasil perkebunan sawit berdasarkan aturan Local Tax Power berupa pajak daerah dan retribusi daerah UU nomor 1 tahun 2022.

Hal itu dinilai sebagai kabar baik bagi Pemprov Kalteng sebagai salah satu daerah penghasil sawit di Indonesia. Diharapkan dapat segera ditindaklanjuti dengan memberikan kepastian sumber alokasi dan distribusi dana bagi hasil tersebut.

Nuryakin menginformasikan pada awal Juni 2022, kinerja Kalteng mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat dengan adanya rilis Kemendagri bahwa Realisasi Belanja APBD Kalteng menempati urutan lima Nasional 26,91 persen dan realisasi pendapatan menempati urutan delapan Nasional 36,7 persen.

“Kita semua selayaknya bersyukur dengan capaian sementara ini dengan terus mengupayakan perbaikan percepatan realisasi baik dari sisi pendapatan maupun belanja daerah,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-5) 

Berita Terbaru