Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Dukung Rencana PMI Miliki Bank Darah

  • Oleh Norhasanah
  • 30 Juni 2022 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara memberikan dukungan terhadap rencana Palang Merah Indonesia (PMI) Sukamara yang ingin memiliki bank darah, sehingga bisa mambantu masyarakat atau pasien yang membutuhkan darah.

"Pemerintah memberikan dukungan terhadap pendurian Kantor PMI dan rencana bank darah ini," kataStaff Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Sekda Sukamara, Syamsir Hidayat, Rabu, 29 Juni 2022.

Menurut dia, sebagai institusi yang bertanggungjawab atas ketersediaan darah untuk kepentingan tranfusi yang aman dan berkualitas, maka bank darah memang sangat diperlukan. 

Sementara itu, Ketua Pengurus PMI Kabupaten Sukamara, Rendi Lesmana mengatakan bahwa bank darah  tersebut memang keinginan dan menjadi PR pihaknya, mengingat bak darah memang dibutuhkan di Bumi Gawi Barinjam.

"Paling tidak kita memiliki markas yang representatif. Kalau selama inikan numpang, jadi itu juga menjadi harapan kami, dan isnya Allah kita akan bicarakan dengan pemerintah daerah dalam hal ini tim anggaran, kita berupaya melaksanakan rencana itu," tambahnya.

Rendi menambahkan karena tidak memiliki bank darah pihaknya tidak bisa melakukan stok darah, sehingga hanya bisa menyediakan sesuai kebutuhan saja.

"Karena tidak ada bank darah kita tidak bisa menyimpan lama. Setiap kita melaksanakan kegiatan donor darah biasanya 20 sampai 30 orang itu bertahan satu minggu saja. Jadi kita juga tidak berani terlalu banyak melaksanakan kegiatan donor darah selama ini," tukas Rendi Lesmana. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru