Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Alasan Kenapa Hewan Masuk Kalteng Harus Karantina 14 Hari

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 Juni 2022 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Hewan ternak harus melalui karantina selama 14 hari sebelum diperbolehkan masuk ke Kalimantan Tengah.
 
Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng, Riza Rahmadi mengatakan karantina tersebut berfungsi untuk memastikan kesehatan ternak yang masuk Kalteng.

“Prosedur karantina memang seperti itu. Ini tidak bisa kita tawar karena ini (14 hari) masa inkubasi dari (virus) Penyakit Mulut dan Kuku (PMK),” ungkap Riza saat konferensi pers di ruang Bajakah, Rabu 29 Juni 2022.

Ia menjelaskan jika memang ternak tersebut setelah karantina di daerah asal tidak mengalami gejala klinis penyakit PMK baru dikirim melalui tol laut ke Kalteng.

Setelah masuk Kalteng hewan ternak tersebut harus diamati selama 5 hari sebelum akhirnya bisa didistribusikan ke peternak.

Riza menegaskan stok ternak untuk kebutuhan Kalteng mencukupi, walaupun saat ini ada aturan ketat untuk lalulintas ternak yang masuk.

Bahkan dikatakannya beberapa wilayah di Kalteng mengalami surplus ternak seperti wilayah Kota Palangka Raya, kemudian Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur.

“Kita imbau daerah dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito dan Kapuas mengambil dari tiga daerah ini yang kita pastikan terlindungi dari PMK,” ungkapnya. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru