Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Manfaatkan Warisan Budaya Sebagai Obyek Daya Tarik Wisata

  • Oleh Trisno
  • 30 Juni 2022 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Bupati Murung Raya (Mura) Drs Perdie M Yoseph mengharapkan, komitmen seluruh stakholders untuk terus berkiprah, berpikir positif, mendorong tumbuh dan berkembangnya nilai-nilai budaya daerah melalui pengembangan budaya, melindungi dan melestarikan adat istiadat, karya seni dan budaya daerah. Baik dari kepunahan maupun pembajakan, dan ikut berpartisipasi dalam berbagai event seni budaya baik di dalam maupun di luar daerah.

Menurutnya, pariwisata dan budaya ibarat pisau bermata dua dalam pemanfaatan warisan budaya sebagai obyek daya tarik wisata. Di satu sisi pariwisata dapat melestarikan warisan budaya tersebut, sedangkan disisi lain kegiatan pariwisata akan merusak atau berdampak negatif terhadap warisan budaya itu karena obyek tersebut akan dikonsumsi oleh wisatawan.

Untuk menghindari dampak negatif dari pariwisata tersebut, ucapnya, diperlukan pengelolaan yang baik terhadap pariwisata, khususnya dalam hal ini kebudayaan.

“Apabila industri pariwisata dapat dikelola dengan baik maka pariwisata dapat menjamin kelestarian dan budaya, selain itu pariwisata juga menjadi wadah untuk lapangan kerja bagi masyarakat lokal yang berada disekitar kawasan wisata tersebut,” kata Bupati Mura Perdie M Yoseph.

Menurut bupati, saat ini ketergantungan terhadap kekayaan sumber daya alam (SDA) sangat besar dan mendominasi struktur pendapatan daerah. Di satu sisi sumber daya alam seperti hasil hutan, pertambangan batu bara, minyak dan gas bumi terus berkurang dan suatu saat akan habis.

“Karena itu fokus pemerintah daerah ke depan diharapkan dapat mengembangkan sektor-sektor pembangunan yang berbasis renewable resources (sumber daya alam yang dapat diperbarui) seperti sektor pertanian dalam arti luas dan sektor pariwisata,” jelasnya. (Trs)

Berita Terbaru