Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dorong Peningkatan Kualitas Kinerja Guru

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 30 Juni 2022 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pada momentum peringatan hari pendidikan nasional yang jatuh pada 2 Mei 2022, Pemkab Lamandau terus mendorong peningkatan kinerja guru.

"Hingga nantinya berdampak pada mutu lulusan maupun memengaruhi pencapaian tujuan pendidikan nasional," ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lamandau, Abdul Kohar di Nanga Bulik, Kamis 30 Juni 2022.

Menurut Kadis, peningkatan kualitas kinerja guru memiliki kedudukan yang penting dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Pun demikian menghasilkan lulusan peserta didik yang mumpuni.

"Kualitas tenaga pengajar berbanding lurus dengan kualitas pendidikan," sebutnya.

Kedepan, harap dia, optimalisasi dan peningkatan sumber daya manusia tenaga pengajar wajib mendapat perhatian serius, melalui pelatihan dan upaya lain yang dinilai perlu.

Ia juga mengingatkan kinerja guru tak terwujud begitu saja, namun dipengaruhi ragam faktor yang menentukan, baik yang sifatnya internal maupun eksternal.

"Kita terus mengupayakan berbagai hal untuk mendongkrak maupun meningkatkan kompetensi guru agar memiliki kinerja yang baik," jelasnya.

Hal ini dilakukan sebab guru merupakan penentu dalam sistem pendidikan secara keseluruhan yang perlu mendapat perhatian sentral, pertama dan utama.

"Guru merupakan ujung tombak yang sangat menentukan dalam sistem pendidikan," pungkasnya. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru