Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Debit Air di Desa Tumbang Mujam Mulai Naik, Warga Siaga Banjir

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 01 Juli 2022 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat Desa Tumbang Mujam, Kecamatan Tualan Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, saat ini sedang siaga banjir. Pasalnya, debit air di desa langganan banjir itu sudah mulai naik.

"Kondisi debit air saat ni di Desa Tumbang Mujan Kecamatan Tualan Hulu yaitu 40 sentimeter dari permukaan jalan," ungkap Sekretaris Desa Tumbang Mujam, Dolik, Jumat, 1 Juli 2022. 

Dikonfirmasi terkait ini, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur, Rihel membenarkan. Saat ini pihaknya sudah mulai memantau desa-desa yang jadi langganan banjir 

"Banjir di Desa Tumbang Mujam, masih bertahan. Belum masuk rumah, masih di jalan raya," jelasnya. 

Meski masih merendam jalan belum masuk ke rumah, aktivitas warga mulai terbatas. Saat ini warga sedang siaga banjir, dan berharap intensitas hujan tak meningkat. 

Selain Desa Tumbang Mujam, di Desa Tualan Hulu ini ada sejumlah desa yang biasa menjadi langganan banjir. Seperti di antaranya Desa Merah, dan Desa Luwuk Sampun. 

Kondisi ini terjadi Kecamatan Tualan Hulu merupakan wilayah perbukitan sementara desa-desa tersebut berada di dataran rendah, sehingga menjadi langganan banjir setiap musim hujan. (USAY NOR RAHMAD/B-5)

Berita Terbaru