Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jahe Olahan Jadi Produk Unggulan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 01 Juli 2022 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Desa Kina di Kecamatan Batang Kawa menjadi sentra industri olahan jahe. Oleh masyarakat setempat, tanaman rempah tersebut dijadikan produk kemasan instan.

Salah satu pelopor produk jahe olahan, Sisliana menjelaskan, melimpahnya jahe saat panen menjadikan harga yang cukup bagus terkadang menjadi turun drastis.

Melihat kondisi itu, dia bersama sejumlah warga Desa Kina membuat terobosan untuk mengantisipasi ketidakstabilan harga rempah tersebut pascapanen.

"Kami mengolah jahe menjadi produk kemasan instan," terang Sisliana saat diundang ke Kantor Bupati Lamandau pada Jumat, 1 Juli 2022.

Sisliana melanjutkan, jahe diolah menjadi berbagai variasi. Antara lain, serbuk jahe, jahe instan dan inovasi jahe celup yang menjadi andalan atau produk unggulan karena cukup banyak diminati pasar. 

Berkat upayanya tersebut, Sisliana dinobatkan sebagai salah satu perempuan berprestasi dan inspiratif pada peringatan Hari Kartini tingkat Provinsi Kalteng di Palangka Raya, baru-baru ini.

Sementara itu, Bupati Lamandau Hendra Lesmana berpesan agar produk Jahe instan ini dapat mengikuti keinginan konsumen (minat pasar) dan memiliki harga jual yang terjangkau oleh konsumen.

 "Tolong dijaga kualitasnya. Terkait perizinan nanti akan kami fasilitasi," ucap Bupati.

Selain itu, dengan pertimbangan kearifan lokal, keunikan dan pembinaan yang berkelanjutan, produk jahe kemasan instan tersebut menjadi salah satu produk unggulan Kabupaten Lamandau. (HENDI NURFALAH/B-7)

 

Berita Terbaru