Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Gunung Mas Minta DLHKP Awasi Aktivitas PBS agar Tidak Mencemari Perairan di Tahura Lapak Jaru

  • Oleh Riska Yulyana
  • 03 Juli 2022 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Anggota DPRD Kabuten Gunung Mas Evandi memberikan sejumlah saran untuk pengembangan Taman Hutan Raya (Tahura) Lapak Jaru yang ada di wilayah setempat.

"Salah satu yang saya sarankan untuk pengembangan Tahura Lapak Jaru yakni terkait pembersihan dedaunan yang ada di dalam hutan, tujuannya agar pengunjung bisa leluasa masuk dan menikmati keasrian di hutan," ujarnya.

Selanjutnya, Evandi juga menyarankan adanya penangkaran satwa yang ada di Kabupaten Gunung Mas seperti kancil atau rusa.

Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini juga menyinggung soal menjaga perairan yang ada di Tahura Lapak Jaru. Pasalnya di Tahura Lapak Jaru ada beberapa air terjun beserta aliran sungai dan juga di sekitar Tahura Lapak Jaru ada Peruhasaan Besar Swasta yang beroperasi.

Evandi mengatakan, jangan sampai aktivitas dari PBS di sekitarnya merusak perairan yang ada di Tahura Lapak Jaru. Sehingga ia meminta pada Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan (DLHKP) Kabupaten Gunung Mas untuk mengawasi aktivitas PBS tersebut.

Sementara itu, Kepala DLHKP Kabupaten Gunung Mas Yohanes Tuah mengaku akan mempertimbangkan saran dan masukan dari Evandi. Selanjutnya, ia mengatakan bahwa pihaknya sudah ada rencana terkait penangkaran hutan di Tahura Lapak Jaru tersebut.

"Kami juga sepakat dengan saran Pak Evandi, jangan sampai aktivitas PBS mencemari air di Tahura Lapak Jaru. Kami berharap tidak ada aktivitas PBS yang memengaruhi alam dan perairan di Tahura Lapak Jaru, kami akan berupaya untuk antisipasinya," tukas Yohanes. (RISKA YULYANA/B-6)

Berita Terbaru