Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Perubahan yang Terjadi Usai SMPN 6 Kurun Terapkan Program Sekolah Penggerak

  • Oleh Riska Yulyana
  • 03 Juli 2022 - 17:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - SMPN 6 Kurun Kabupaten Gunung Mas Brata menjabarkan perubahan di sekolahnya usai terpilih dan menerapkan program sekolah penggerak.

"Motivasi saya mengikuti program sekolah penggerak ini karena ingin membawa perubahan yang lebih baik untuk sekolah yang saya pimpin," ujar Brata, Minggu 3 Juli 2022.

Dijelaskan lebih lanjut, sebelum terpilih menjadi sekolah penggerak, pihaknya sempat dilanda berbagai rintangan termasuk terkait adanya pandemi Covid-19 sehingga berkurangnya pembelajaran tatap muka. Dalam kondisi itu, banyak guru yang masih kurang menerapkan dan mengembangkan strategi pembelajaran, berbagai teknik penilaian, berbagai profesionalisme guru dan kurangnya pengembangan alat penilaian.

Kata Brata, hal tersebut bisa terjadi karena para guru di sekolahnya tidak memiliki gambaran yang jelas tentang pembelajaran yang kontekstual yang sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik dan tidak cukup waktu untuk bertatap muka secara langsung.

Namun, setelah menerapkan program sekolah penggerak, banyak perubahan yang dialami oleh pihaknya pasalnya sekolah penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup literasi, numerasi dan karakter diawali dengan SDM kepala sekolah dan guru yang unggul.

"Perubahan yang kami rasakan di antaranya, kurikulum yang dilaksanakan di sekolah penggerak ini adalah fleksibel. Satuan pendidikan diberikan kebebasan dalam mendesain kurikulumnya sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik sekolah," tukasnya.

Selain itu, guru-guru juga diberikan kebebasan untuk menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berdasarkan kemampuan dan karakteristik siswanya sesuai dengan prinsip kurikulum Merdeka Belajar. (RISKA YULYANA/B-6)

Berita Terbaru