Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Sapi di Palangka Raya Diberi Tanda Sehat dan Bebas PMK

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 Juli 2022 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Puluhan ekor sapi atau persisnya berjumlah 65 yang berada di kandang peternak sapi, Jalan G Obos, Palangka Raya dinyatakan sehat dan bebas dari penyakit mulut dan kuku atau PMK. 

Sapi tersebut kini ditandai dengan pemasangan Neck Tag oleh petugas dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya pada Senin, 4 Juli 2022.

"Hari ini kita melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemasangan Neck Tag untuk sapi-sapi yang dinyatakan sehat dan bebas dari PMK," kata Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan atau Puskeswan Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono kepada Borneonews, Senin, 4 Juli 2022.

Di sela-sela pemeriksaan kesehatan ternak yang ada, drh Eko menjelaskan bahwa pemasangan Neck Tag ini dilakukan kepada hewan yang dinyatakan sehat, atau ternak yang sudah pernah terpapar PMK kemudian diberikan vaksin dan sembuh.

"Ternak yang terjangkit PMK itu bisa disembuhkan dengan vaksin, dan kemungkinan sembuhnya 98 persen. Karena kemungkinan sembuhnya besar, sehingga kita lakukan pemeriksaan terus menerus kepada ternak yang sudah menerima vaksin. Sekarang ini, hari ini saja, sudah ada 65 ekor sapi yang kami periksa dan semuanya dalam keadaan sehat," jelasnya lagi.

drh Eko meminta masyarakat agar tidak khawatir dalam mengkonsumsi hewan kurban pada perayaan Idul Adha yang sudah dekat. "PMK ini penyakit yang zoonosis, sehingga tidak menular ke manusia,"

"Apalagi yang disembelih kan merupakan hewan ternak yang telah dinyatakan sehat, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya," tutur Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia atau PDHI Provinsi Kalteng ini. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru