Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Setiap OPD Harus Memiliki Inovasi dalam Melayani Masyarakat

  • Oleh Riska Yulyana
  • 06 Juli 2022 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Juru bicara fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Gunung Mas Cici Susilawati memaparkan beberapa hal terkait saran dan masukannya dalam rapat paripurna DPRD pada Selasa 5 Juli 2022, salah satunya terkait kurangnya inovasi dari para organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.

"Dari pengamatan kami Fraksi Demokrat, masing-masing OPD masih belum bisa berinovasi dalam menerjemahkan visi misi dan program unggulan yang ditetapkan Bupati dan Wakil Bupati periode ini," ujarnya.

Dilanjutkan, hal tersebut terbukti dalam penilaian lomba inovasi perangkat daerah Kabupaten Gunung Mas berada di peringkat 345 dengan kategori daerah yang tidak bisa berinovasi. Artinya, kata Cici selama ini apa yang menjadi program dan kegiatan dari para OPD masih mencontoh daerah lain atau meng-copy paste dari daerah lain.

Selain itu, dalam lomba inovasi perangkat daerah Kabupaten Gunung Mas tahun 2022 ini dari 38 OPD hanya 8 yang mengikuti lomba tersebut.

Terkait hal tersebut, Cici memaparkan saran dari fraksinya untuk para OPD, pertama setiap OPD harus fokus menjalankan visi misi dan program unggulan yang sudah ditetapkan yakni smart agro, smart tourism dan smart human resources untuk mencapai masyarakat sejahtera dan bermartabat.

"Kemudian setiap OPD harus mempunyai inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat yang memang sesuai dengan keadaan sosial budaya masyarakat setempat," tukas Cici.

Menanggapi hal itu, Bupati Gunung Mas melalui jawaban tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing menjelaskan terkait keikutsertaan OPD dalam inovasi daerah, diharapan kepada kepala perangkat daerah supaya setiap tahun dapat mendaftarkan minimal 1 inovasi sehingga yang diharapkan dapat menimbulkan dampak luas bagi percepatan pertumbuhan ekonomi di kabupaten gunung mas.

"Perlu diketahui, pada tahun 2021 Kabupaten Gunung Mas juga tercatat sebagai TOP 99 inovasi dari SINOVIK (Sistem Inovasi Pelayanan Publik) dari Dinas Kesehatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia," tukas Efrensia. (RISKA YULYANA/B-5)

Berita Terbaru