Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasar Besar Palangka Raya Mulai Rapi dan Penertiban Berlanjut

  • Oleh Hendri
  • 07 Juli 2022 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kurang lebih 2 pekan setelah dilakukan penataan, kawasan pasar besar dan relokasi para pedagang mulai berdampak pada rapinya lingkungan sekitar. Penataan yang terkonsentrasi di sekitaran Jalan Jawa, Jalan Sumatera dan Jalan Bangka disambut baik oleh banyak pihak, termasuk para pedagang sendiri.

"Para pedagang merasa terbantu dengan disediakannya lapak dan blok khusus untuk mereka berjualan. Bahkan selama penataan, mereka berinisiatif sendiri membongkar lapak-lapak mereka yang menutupi badan jalan dan drainase," kata Camat Pahandut, Berlianto, Kamis, 7 Juli 2022.

Selama penertiban, kata Berlianto, timnya selalu mengedepankan upaya komunikasi dan sosialisasi serta edukasi baik kepada para pedagang, pengelola pasar hingga pengelola parkir agar dapat berkolaborasi menciptakan lingkungan pasar yang bersih, nyaman dan tertata rapi.

Selain itu, kawasan-kawasan yang selama ini terkesan kumuh dan rawan tergenang air saat hujan turun sudah tak lagi nampak setelah drainase yang selama ini tersumbat dibersihkan.

"Apalagi Bapak Wali Kota memang menugaskan kami bisa membantu menata pasar-pasar yang ada, sebagai salah satu upaya meraih kembali predikat Adipura. Apalagi Palangka Raya bulan depan akan menjadi tuan rumah gelaran balap sepeda internasional, maka kita harus berbenah sebaik mungkin," jelasnya.

Di kawasan Pasar Besar, ada sejumlah blok pasar yang masih cukup untuk menampung pedagang-pedagang lain. Seperti Pasar Pahandut Indah yang masih ada 171 lapak kosong, Pasar Martapura ada 120 lapak, Pasar Itah ada 20 lapak dan Pasar Tampung Utuh.

"Kami sedang berkomunikasi dengan para pedagang agar bisa masuk ke sana. Intinya kita bebas mau masuk kawasan mana, yang penting tak ada lagi yang berjualan di badan jalan termasuk drainase dan bahu jalan," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru