Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DP3AP2KB Pulang Pisau Gelar Pemilihan Genre

  • Oleh Asprianta
  • 08 Juli 2022 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindugan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) menggelar pemilihan duta generasi berencana (GenRe).

Kegiatan yang berpusat di Gedung Pertemuan Umum Handep Hapakat, Kamis (07/07/2022) itu diikuti oleh 17 pinalis putra putri terbaik Pulang Pisau.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Pulang Pisau dr Bawa Budi Raharja menjelaskan kegiatan itu merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dalam perilaku positif remaja dalam mengembangkan karakter, baik di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat.

"Selain meningkatkan pengetahuan dan pemahaman, juga meningkatkan keterampilan remaja, kegiatan duta GenRe berperan dalam mempromosikan dan mensosialisasikan mengenai kesehatan reproduksi, pendewasaan usia pernikahan, dan bahaya penyalahgunaan narkoba," ucapnya. 

Menurutnya Program generasi berencana (GenRe) yang dirancang oleh BKKBN, bertujuan untuk menciptakan generasi yang berkarakter dan berkualitas sehingga duta GenRe jangan dilihat dari penampilan. Duta genre adalah remaja yang berkarakter dan siap menjadi agen perubahan bagi generasi muda sebaya di masyarakat.

Bawa Budi Raharja berharap, kepada duta genre untuk bisa menjadi teladan, pelopor, motivator, serta promotor yang baik bagi anak-anak ataupun remaja. 

"Kami berharap para pemenang bisa membantu pemerintah mempersiapkan generasi muda yang sehat, produktif dan berkualitas agar mampu memberikan kontribusi nyata dalam penurunan angka stuting di kabupaten setempat yang saat ini lagi gencar-gencarnya ditekan oleh pemerintah setempat," katanya.

Bawa Budi Raharja menjelaskan bahwa remaja saat ini sangat berisiko terhadap perilaku seks pranikah, pernikahan dini, dan penyalahgunaan narkoba.

Dibutuhkan penanganan yang kolaboratif, salah satunya melalui peran duta GenRe untuk bisa menyebarluaskan informasi dan memberikan edukasj mengenai kesehatan reproduksi, hingga pentingnya menata masa depan bagi remaja.

"Fokus kegiatan GenRe, dititik beratkan pada promosi dan sosialiasasi tentang pendewasaan usia perkawinan, resiko perkawinan usia dini, kesehatan reproduksi remaja, Selain itu pentingnya edukasi perencanaan kehidupan berkeluarga yang berkualitas," tutupnya. (ang)

Berita Terbaru