Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Empat Komoditas Ini Alami Kenaikan Harga di Sampit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 09 Juli 2022 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah melalui Pusat Informasi Harga Pangan Strategis atau PIHPS merilis bahwa ada empat komoditas yang mengalami kenaikan harga di Kota Sampit menjelang Iduladha ini.

"Komoditas yang terpantau naik harga ialah daging sapi, cabai rawit, daging ayam ras, dan bawang putih," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yura Djalins kepada Borneonews pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Yura menjelaskan bahwa kenaikan harga pada keempat komoditas ini dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan daging sapi, cabai rawit, daging ayam ras dan bawang putih karena pengaruh musiman, yakni menjelang Idul Adha.

"Dengan demikian indeks komposit komoditas atau IKK PIHPS secara harian kembali bergerak naik 0,45 persen, dengan tren rerata bulanan inflasi sebesar 1,57 persen," jelas Yura lagi.

Sementara itu enam komoditas lainnya yang menjadi patokan perekaman PIHPS menurut Yura masih dalam kondisi normal dan tidak mengalami kenaikan harga.

"Enam komoditas lain yakni telur ayam ras, cabai merah, gula pasir, bawang merah, minyak goreng, dan beras itu harganya masih stabil selama sepekan ini," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru