Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lima Komoditas Ini Alami Perubahan Harga di Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 09 Juli 2022 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah melalui Pusat Informasi Harga Pangan Strategis atau PIHPS merilis bahwa ada lima komoditas yang mengalami perubahan harga di Kota Palangka Raya menjelang Idul Adha ini. Satu di antaranya mengalami penurunan harga, sementara empat lainnya mengalami kenaikan.

"Komoditas yang terpantau naik harga ialah bawang merah, cabai merah, bawangputih, dan cabai rawit. Sementara penurunan harga terjadi pada daging ayam ras," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yura Djalins kepada Borneonews pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Yura menjelaskan bahwa kenaikan harga pada keempat komoditas ini dipengaruhi oleh keterbatasan persediaan cabai dan bawang dari pemasok atau distributor lokal dan Jawa.

"Kenaikan harga dipengaruhi oleh keterbatasan persediaan serta naiknya permintaan karena pengaruh musiman, yakni menjelang Idul Adha," jelas Yura.

Sedangkan penurunan harga pada daging ayam ras menurut Yura dipengaruhi oleh banyaknya ketersediaan daging ayam ras dari pemasok atau distributor lokal.

"Dengan demikian indeks komposit komoditas atau IKK PIHPS secara harian kembali bergerak naik 0,17 persen, dengan tren rerata bulanan inflasi sebesar 1,22 persen," jelas Yura lagi.

Sementara itu lima komoditas lainnya yang menjadi patokan perekaman PIHPS menurut Yura masih dalam kondisi normal dan tidak mengalami kenaikan maupun penurunan harga.

"Lima komoditas lain yakni daging sapi, telur ayam ras, gula pasir, minyak goreng, dan beras itu harganya masih stabil selama sepekan ini," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru