Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesbangpol Kotim Gencarkan Sosialisasi Pendidikan Politik

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 14 Juli 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotawaringin Timur saat ini sedang gencar mensosialisasikan pendidikan politik terhadap pemilih pemula. 

Salah satu lokasi sasaran sosialisasi oleh Kesbangpol Kotim, adalah Kecamatan Pulau Hanaut. 

"Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung peran aktif panitia pemilihan kabupaten, panitia pemungutan suara, dan tokoh masyarakat untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih di Kotim," ungkap Kepala Badan Kesbangpol Kotim, Sanggul Lumban Gaol Kamis, 14 Juli 2022.

Pernyataan ini disampaikan Sanggul Lumban Gaul saat mensosialisasikan pendidikan politik terhadap pemilih pemula di Kecamatan Pulau Hanaut.

Menurut Sanggul, sosialisasi perlu digencarkan agar masyarakat semakin paham tentang pentingnya menggunakan hak pilih. Pemerintah daerah bertanggungjawab, terlebih pilkada merupakan agenda politik untuk memilih pemimpin daerah.

"Kita harus sepakat bahwa pemilihan umum di Kotim tahun 2024 nanti harus dapat dilaksanakan dengan aman, sukses dan berkualitas. Untuk itu sangat perlu dukungan, peran serta dan tanggung jawab masing-masing kita sesuai kedudukan dan wewenangnya," kata Sanggul. 

Pemilihan umum merupakan momen pembelajaran terhadap nilai-nilai demokrasi Pancasila. Sebab itu Kesbangpol berharap pihak terkait agar memahami Undang-Undang dan hukum yang berlalu dengan baik. 

"Perlu juga saling koordinasi dan saling bersinergi dalam masa tahapan persiapan maupun masa tahapan penyelenggaraan nanti," tandasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru