Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Tanam Pohon di Taman Nasional Sebangau

  • Oleh Donny Damara
  • 16 Juli 2022 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka menuju Indonesia's Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030 Pemprov Kalteng melakukan penanaman pohon di kawasan Taman Nasional Sebangau, Kota Palangka Raya baru-baru ini.

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Leonard S Ampung mengatakan kegiatan itu dilaksanakan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mitigasi pengendalian perubahan iklim.

"FOLU Net Sink 2030 yaitu suatu pendekatan dan strategi, di mana pada tahun 2030 tingkat serapan emisi sektor FOLU ditargetkan sudah berimbang atau lebih tinggi daripada tingkat emisinya," kata Leonard.

Dia menjelaskan, komitmen Indonesia dalam pengendalian iklim cukup jelas dalam hal penyerapan bersih atau Net Sink karbon melalui kehadiran Indonesia dalam forum lingkungan hidup internasional.

Komitmen tersebut pun diejawantahkan ke dalam Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 168 Tentang FOLU Net Sink 2030 untuk Pengendalian Perubahan Iklim.

"Provinsi Kalteng telah berupaya dalam mengurangi gas rumah kaca terutama dalam gerakan revolusi hijau dengan mengelola dan menghijaukan kembali lahan kritis. Gerakan masif ini melibatkan seluruh lembaga dan masyarakat untuk ikut serta menanami pohon," tuturnnya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan itu dapat memberi gambaran terkait pemetaan strategi pemulihan lingkungan, pengurangan efek gas rumah kaca khususnya di Kalteng sebagai salah satu provinsi yang memiliki hutan gambut dengan skala luas di Indonesia.

"Mari kita bersama mengerahkan perhatian, kepedulian dan kesadaran untuk ikut serta mengatasi perubahan iklim demi kelangsungan umat manusia di bumi ini," tukasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru