Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hutan di Tumbang Bulan Katingan Dekat TN Sebangau Hangus Terbakar

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 Juli 2022 - 19:40 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Kebakaran hutan menghanguskan hutan di wilayah Desa Tumbang Bulan tidak jauh dari Taman Nasional (TN) Sebangau,  Kecamatan Mendawai,  Kabupaten Katingan,  Sabtu siang, 16 Juli 2022. 

Hingga berita ini dipublis,  belum diketahui berapa luasan hutan di Desa Tumbang Bulan yang hangus terbakar itu. 

Camat Mendawai,  Purwoko yang  dikonfirmasi borneonews.co.id membenarkan jika ada areal hutan yang terbakar di wilayah Desa Tumbang Bulan hari ini. 

"Iya benar,  hari ini telah terjadi kebakaran hutan di wilayah Kecamatan Mendawai, tepatnya di seberang Desa Tumbang Bulan," ujar Camat Mendawai Katingan Purwoko. 

Menurutnya, kebakaran hutan tersebut tidak jauh dari wilayah TN Sebangau wilayah Mendawai.

"Kebakaran hutan di seberang Desa Tumbang Bulan itu lokasinya tidak jauh dari TN Sebangau,  jadi tidak masuk wilayah TN Sebangau," katanya. 

Purwoko mengaku jika saat ini kebakaran hutan di wilayah tersebut sudah padam. 

"Tadi juga sudah dilakukan pemadaman oleh tim Satgas Karhutla Kecamatan Mendawai dibantu pihak PT RMU dan regu pengendali api Desa Tumbang Bulan," ungkapnya. 

Selain itu juga, hujan yang turun sore hari ini di wilayah Desa Tumbang Bulan juga disebut turut andil dalam proses pemadaman karhutla. Purwoko mengaku masih belum tahu pastinya berapa luasan hutan tersebut yang hangus terbakar itu. 

"Jadi kebakaran hutan di wilayah Desa Tumbang Bulan hari ini sudah dipastikan padam,  sebab selain tim pemadam,  alhamdulillah tadi juga ada hujan turun," imbuhnya. 

Purwoko menambahkan sejauh ini wilayah Desa Tumbang Bulan, Kecamatab Mendawai termasuk daerah rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.  Pasalnya,  topografi tanah di wilayah tersebut sebagian besar bergambut tebal. 

"Memang selama ini wilayah Tumbang Bulan sudah sering terjadi karhutla,  apalagi lama tidak hujan, " kata Camat Mendawai,  Katingan Purwoko menambahkan. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru