Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

USU Adakan Pengabdian Masyarakat Internasional Bahas Pengurangan Sampah Plastik

  • Oleh Testi Priscilla
  • 16 Juli 2022 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kegiatan pengabdian masyarakat atau abdimas skema abdimas internasional dengan tema pengurangan sampah plastik yang diketuai oleh Arif Nuryawan telah diselenggarakan melalui webinar seri 1 pada Jumat, 15 Juli 2022 pukul 14.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

"Mitra kegiatan ini adalah komunitas Plastics Literacy Network yang dibentuk di Manila, Filipina pada tanggal 17 Juli 2019 dan dikoordinasi oleh Prof Dr Deirdre McKay, seorang professor Sustainable Development dari Keele University, UK, Inggris," kata Arif Nuryawan melalui rilisnya pada Sabtu, 16 Juli 2022.

Topik webinar seri perdana ini, lanjutnya, adalah Sampah Plastik di Permukaan Tanah atau Plastics Litter on Land.

"Selain mengundang narasumber Prof Deirdre yang menyampaikan materi mengenai sampah plastik dan pandemi atau Plastics and the pandemic, webinar ini juga mengundang Prof Dr Rahmawaty, guru besar bidang Manajemen Hutan yang merupakan Ketua Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Lingkungan, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Sumatera Utara atau USU," jelas Arif.

Prof Rahmawaty menurutnya menyampaikan materi mengenai sampah plastik di perkotaan yang bisa dijadikan sumber pendapatan masyarakat atau Potency for utilization plastics litter in urban area for revenue community.

"Webinar perdana ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Fakultas Kehutanan USU, Dr Agus Purwoko, dan melibatkan panitia dari Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Terpadu USU," tuturnya lagi.

Webinar ini dihadiri 87 peserta yang berasal dari berbagai institusi baik internal USU maupun di luar USU bahkan dari luar negeri. Tercatat ada perwakilan dari Filipina, Australia, Inggris, dan beberapa provinsi di Indonesia seperti Kalimantan Timur, Jambi, dan Lampung, serta Sumatera Utara sendiri. 

"Webinar series ini akan diadakan berseri setiap bulan hingga bulan Desember 2022, sehingga akan ada 6 seri totalnya. Kegiatan ini sukses dilaksanakan berdasarkan hasil evaluasi yang diberikan kepada responden yang merupakan peserta webinar yang meliputi pengetahuan umum mengenai sampah plastik di daratan, sikap kepedulian terhadap timbulnya sampah plastik, dan upaya pengurangan sampah plastik tersebut secara umum memahami, prihatin terhadap sampah plastik di daratan, dan sadar berupaya untuk mengurangi keberadaan sampah plastik tersebut," beber Arif Nuryawan lagi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru