Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buka Diklatcab HIPMI, Ini Pesan Wali Kota Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 19 Juli 2022 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Diklatcab) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Kegiatan berlangsung di Hotel Neo Palma, Senin 18 Juli 2022.

Dia mengatakan, di tengah keterpurukan ekonomi saat pasca pandemi Covid-19, peran pengusaha muda diharapkan dapat membangkitkan gairah perekonomian. Para pengusaha dapat berinovasi membimbing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar dapat bersaing hingga naik tingkat.

"Masih banyak sektor-sektor ekonomi kita yang bergantung pada bahan baku dan produk dari luar. Bukan hanya produk kesehatan, tapi juga sektor pangan, industri, jasa dan teknologi," ungkapnya.

Di sinilah peran anggota HIPMI dianggap sangat penting untuk terlibat aktif dalam berinovasi. Selain itu, diharapkan HIPMI di daerah dapat memadukan pengusaha makro untuk berbagi ilmu dengan pengusaha mikro.

Pengusaha mikro bersinergi dengan pengusaha makro seperti bisnis dan lain-lainnya. Untuk di level bawah bermain di UMKM yang akan melibatkan UMKM kreatif dan kuliner.

"Kita ingin UMKM naik kelas. Momentum pasca pandemi ini perlu dimanfaatkan untuk menata dan memperkuat perekonomian yang lebih mandiri dan berkedaulatan serta berdaya saing," sebutnya.

Menurutnya sudah saatnya menggeser perekonomian dari daerah yang konsumtif menjadi produktif, dari daerah yang bertumpu pada sumber daya alam (SDA) beralih ke daerah berbasis teknologi dan inovasi, dari daerah biasa menjadi daerah dengan penguasaan teknologi tinggi.

"Inovasi dan teknologi tidak jatuh dari langit, tapi lahir dari keseriusan anak muda di daerah dalam meneliti dan mengkajinya di laboratorium dan di lingkungan sosial," tuturnya.

Oleh karena itu, inovasi dan teknologi perlu didorong dan ditingkatkan melalui kerja sama kemitraan antara kampus dan lembaga penelitian sebagai inovator, didukung oleh lembaga pemerintah di bidang riset dan teknologi, dikembangkan oleh dunia usaha dan dibiayai oleh lembaga pembiayaan.

"Oleh karenanya, mendukung upaya ini kami berharap lembaga pembiayaan baik perbankan maupun non bank juga perlu meningkatkan perhatian pada kalangan pengusaha muda terutama yang berbasis inovasi dan teknologi," harapnya.

Terutama anggota HIPMI Kota Palangka Raya yang telah memiliki usaha di segala bidang usaha. semuanya membutuhkan dukungan Pemerintah Kota juga melalui instansi terkait. Sekiranya kelembagaan ini dapat terhubung dan bekerjasama dengan baik. (HENDRI/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru