Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG: Titik Panas Bermunculan di Kotim, Seruyan dan Katingan

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 22 Juli 2022 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Titik panas diduga sebagai kebakaran lahan kembali muncul di Kabupaten Kotawaringin Timur. Bahkan tak hanya di kabupaten itu, titik panas juga terdeteksi di Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Katingan.

"Kotim 3 titik panas, Seruyan 5 titik panas, dan Katingan 5 titik panas," ungkap Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Musuhanaya, Jumat, 22 Juli 2022. 

Titik panas di Kabupaten Kotawaringin Timur terdapat Kecamatan Telaga Antang. 

Sedangkan di Kabupaten Katingan, di Kecamatan Pulau Malan 1 titik panas, Kecamatan Katingan Tengah terdapat 2 titik panas, dan Kecamatan Sanaman Mantikei 2 titik panas.

Sementara, di Kabupaten Seruyan terdapat di Kecamatan Seruyan Hulu, sebanyak 5 titik panas. 

"Namun berdasarkan potensi kemudahan terjadinya kebakaran ditinjau dari parameter cuaca seluruh wilayah Kalteng aman," ungkapnya.

Berdasarkan citra satelit Himawari-8 Infrared Red Enhanced pukul 07.00 menunjukkan terdapat pertumbuhan awan signifikan di wilayah Kotawaringin Timur. 

"Sementara prakiraan curah hujan 24 jam ke depan berpotensi hujan ringan," katanya. 

BKSDA mengimbau masyarakat maupun perusahaan di Kabupaten Kotawaringin Timur dan kabupaten lain yang terdeteksi titik panas, agar waspada serta tidak melakukan pembakaran lahan. 

"Tetap waspada, terutama saat kondisi cuaca tidak ada hujan, karena rawan terjadi kebakaran lahan," tutupnya. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru