Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Batik Tulis Motif Dayak Maanyan Tampil di Expo Bartim 2022

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 Juli 2022 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bartim Expo 2022 yang digelar di lapangan expo Desa Magantis Kabupaten Barito Timur menampilkan produk-produk usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM, tidak terkecuali batik tulis dengan motif khas Dayak Maanyan yang diproduksi oleh Mawar Saron dengan merek Batik Tulis Wihellie.

Batik Tulis Wihellie menempati salah satu stan dalam kegiatan bertajuk Bazar dan Pemeran Ekonomi Kerakyatan yang berlangsung tanggal 20 Juli 2022 hingga 9 Agustus 2022 itu.

Hardiano yang menjadi penanggung jawab produksi batik pada usaha milik keluarga Sophia Blantan Luhulima itu menjelaskan Batik Tulis Wihellie diproduksi sejak tahun 2015 dan hingga kini sebagian besar produksinya masih berdasarkan pesanan konsumen.

"Kami membuat batik tulis dengan motif khas Dayak Maanyan seperti naga pasambung ukui, wadian dadas, wadian bulat, jue minri, manengang, gunung perak dan wurung tingang," ungkapnya saat ditemui di lokasi bazar.

Adapun warna dasar batik yang dihasilkan yakni maroon, hitam, kuning tua, merah muda dan ungu. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk proses produksi satu lembar kain batik dari menggambar motif hingga finishing bisa mencapai 18 jam.

"Itu sebabnya baik tulis lebih mahal dari pada batik printing atau cetak. Keistimewaannya setiap lembar kain yang dihasilkan pasti gambarnya tidak sama persis karena semua dikerjakan dengan tangan," jelas Hardiano yang ditemani istri dan anaknya saat menjaga stan.

Saat ini harga per helai kain Batik Tulis Wihellie dijual dengan harga Rp300 ribu untuk yang berukuran 115 x 200 sentimeter, sedangkan yang berukuran 115 x 250 sentimeter dijual dengan harga Rp330 ribu.

Selain memproduksi batik tulis, Nawar Saron juga memberikan kursus membatik bagi masyarakat umum di rumah produksinya yang terletak di Kelurahan Tamiang Layang.

Tak terkecuali pada acara Expo Bartim Mawar Saron menyediakan kursus dasar batik tulis, dengan tarif Rp15 ribu peserta kursus bisa belajar menggambar motif, mencanting dan mencelup atau mewarnai.

"Bahan untuk membatik semua kami yang siapkan, jadi pengunjung langsung belajar," jelas Hardiano. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru