Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Logistik Pilkades Serentak akan Didistribusikan, Ini Pesan Kepala DPMD Kapuas kepada Panitia

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 Juli 2022 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Logistik Pemilihan kepala desa atau Pilkades serentak tahun 2022 akan segera dilakukan pergerseran atau didistribusikan dari kabupaten menuju ke desa-desa. Mengingat, tahapan pemungutan suara di 155 desa yang melaksanakan Pilkades bakal dilangsungkan pada 26 Juli 2022.

Terkait itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Yanmarto menyampaikan sejumlah pesan kepada para panitia tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa.

"Harapannya distribusi logistik ini aman dan lancar. Juga agar panitia bekerjasama dengan aparat mengamankan pergeseran logistik," kata Yanmarto, Jumat 22 Juli 2022.

Sesampainya di desa, lanjut dia agar dilakukan perhitungan logistik yang didistribusikan tersebut, dilanjutkan dengan menandatangani surat suaranya oleh panitia.

"Yang kemudian logistik tadi di distribusikan ke TPS-TPS yang ada. Tentunya panitia diharapkan memperhatikan Standar Operasional Prosedur (SOP), itu yang harus dilaksanakan dengan baik," imbuhnya.

Logistik yang akan didistribusikan tersebut diantaranya berupa kotak suara (box plastik), surat suara, bilik, kelengkapan pendukung lainnya misalnya paku, dan bantalan coblos, tinta, tisu, dan juga kelengkapan administrasi berupa formulir-formulir berita acara.

Sebelumnya, Yanmarto menjelaskan, dalam pendistribusian ini, akan memperhatikan dua hal, yang pertama mendahulukan wilayah atau jarak tempuh yang jauh, terisolir itu diutamakan berangkat seperti Kecamatan Mandau Talawang, dan Kecamatan Pasak Talawang.

"Tetapi yang dekat ada yang harus didahulukan, seperti desa yang beban jumlah pemilihnya besar. Sehingga mereka harus tersedia cukup waktu menghitung dan menandatangani surat suara, seperti Kecamatan Kapuas Timur dan Kecamatan Selat," tuturnya.

Adapun, dalam pergeseran logistik nantinya akan dikawal ketat dan melekat oleh aparat.

"Kami juga sudah menyusun jadwal personel yang akan mendistribusikan. Dan sudah dirancang untuk kapan itu disitribusikan. Jadi ada yang memang didahulukan. Estimasinya dari besok hingga H-1 pelaksanaan pemungutan suara Pilkades," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru