Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Target 2.200 Sapi Dapat Vaksin PMK

  • Oleh Hendri
  • 24 Juli 2022 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Palangka Raya melalui Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) menargetkan 2.200 ekor sapi mendapatkan vaksin untuk mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Puskeswan Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono mengatakan, sapi yang menjadi sasaran vaksinasi di antaranya sapi yang sehat tidak dalam kondisi sakit atau yang sudah sembuh dari PMK.

Kemudian sapi yang masa hidupnya masih panjang, bukan sapi yang akan dipotong. Selain itu dilihat juga berdasarkan usia sapi yang sudah bisa divaksin, yaitu minimal umur dua minggu atau lebih.

"Kemarin sudah datang 3.500 dosis vaksin PMK untuk tahap dua ini. Kalau tahap pertama kemarin kita sudah berhasil memvaksinasi 500 ekor nanti dilanjutkan lagi untuk dosis keduanya," katanya, Minggu 24 Juli 2022.

Dia menyebutkan, vaksin PMK meliputi vaksinasi pertama, kemudian dengan jarak 4 sampai 5 Minggu akan diberikan vaksin kedua, setelah itu apabila ada vaksin booster maka akan diberikan setiap 6 bulan sekali.

"Upaya yang dilakukan saat ini dalam penanganan virus PMK yakni melakukan vaksinasi, pengendalian lalu lintas hewan ternak dan lalu lintas pedagang di kawasan peternakan," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru