Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Tingkatkan Indeks Kesejahteraan Masyarakat dengan Gemar Membaca

  • Oleh Hendri
  • 26 Juli 2022 - 21:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gerakan literasi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Literasi memberikan pilihan Informasi yang dibutuhkan, dengan membaca akan memahami dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya bersama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) menggelar Peningkatan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan dan pengukuhan bunda literasi dengan tema Transformasi Perpustakaan Untuk Mewujudkan ekosistem Digital Nasional, Selasa 26 Juli 2022.

Sekretaris Perpustakaan Nasional Ofy Sofiana mengatakan, literasi merupakan istilah umum yang mengacu kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, berhitung dan dapat menjadi pemecahan masalah pada keahlian tertentu, yang tentunya diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Melalui Bunda Literasi merupakan salah satu strategi yang dipilih dan digunakan Perpustakaan Nasional RI, untuk memotivasi kesadaran masyarakat dan menumbuh kembangkan kegemaran dalam membaca," tuturnya.

Ofy mengungkapkan, kehadiran seorang Bunda Literasi di tengah masyarakat akan jadi pengungkit dan pendorong kebiasaan masyarakat untuk gemar membaca.

Sementara itu Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, untuk pembinaan dan pengembangan pembudayaan kegemaran membaca pada semua lini, serta mengoptimalkan fungsi transformasi perpustakaan dan penguatan Literasi yang dimulai dengan Gemar membaca.

"Saya meyakini Avina Triani Almira mempunyai perhatian dan kepedulian tinggi terhadap pembudayaan kegemaran membaca, dan meningkatkan ilmu pengetahuan di Kalimantan Tengah," ujarnya.

Seusai pengukuhan Bunda Literasi juga digelar Talkshow secara virtual. Talk show tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan indeks literasi masyarakat demi menunjang kesejahteraan masyarakat. Hal ini dikarenakan literasi sangat penting untuk keberlangsungan hidup masyarakat.

Dengan kecakapan masyarakat berliterasi, maka selain bisa meningkatkan pengetahuan, disisi lain diharapkan juga bisa melahirkan generasi muda yang cakap dalam hal publik speaking. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru