Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Damkar Kobar Evakuasi Sarang Tawon di Tiang Listrik

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 27 Juli 2022 - 10:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Personel Pemadam Kebakaran (Damkar) melakukan penanganan non kebakaran, yaitu melakukan evakuasi sarang tawon (Sarwon) yang menggantungkan di tiang listrik bertentangan tunggi, di Jalan A Yani Km 13, Desa Purbasari, Kecamatan Pangkalan Lada, pada Selasa malam, 26 Juli 2022.

Kasatpol PP dan Damkar Kobar Majerum Purni melalui Kabid Damkar Kobar Dwi Agus Suhartono menyampaikan, dalam melakukan penanganan evakuasi sarwon jenis tabuan atau tawon ndas dengan nama latin Vespa Afinis, personil menggunakan sejumlah peralatan Pemadam Kebakaran.

"Petugas menggunakan pakaian penanganan pemadaman, dan menyemprot sarang tawon yang ada ditiang listrik agar jatuh," ujarnya.

Adapun personel yang terlibat dalam evakuasi sarang tawon dengan diameter sekitar 30 CM tersebut, yakni Regu III Standby, PLN dan regu II piket malam. Untuk armada yang digunakan, 1 unit Mobil bocah 02 dan 2 unit water supply 012 dan 013.

"Proses ekseskusi sarang tawon tersebut pasca mendapat laporan pada pukul 20.00 WIB, dan semua proses berjalan lancar sampai pukul 21.30 WIB," tuturnya.

Sebelum dilakukan evakuasi sarang tawon tersebut, sebelumnya pihak PLN juga telah mengumumkan kepada masyarakat sekitar, bahwa listrik akan dilakukan pemadaman sementara.

'Selamat malam, sehubungan dengan akan dilaksanakannya proses pembersihan sarang lebah oleh tim damkar. Maka aliran listrik sementara akan kami padamkan demi keamanan petugas damkar.

Adapun wilayah yang terdampak padam meliputi, Desa Pangkalan Satu,  Bumi Harjo, Purbasari, Sumber Agung sebagian, Desa Sungai Rangit Jaya, Pangkalan Durin, dan sekitarnya.

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini'. Pesan dari Petugas PLN ULP Pangkalan Bun yang beredar di sosial media. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru