Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Olahraga Panjat Tebing di Pangkalan Bun Makin Diminati

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 27 Juli 2022 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Cabang olahraga (Cabor) panjat tebing di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) semakin banyak peminatnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya pelajar yang selalu aktif latihan rutin di Pangkalan Bun Park (PP).

Beberapa kalangan pelajar yang rutin berlatih panjat tebing mulai dari SD, SMP hingga SMA sederajat. Banyaknya peminat ini karena cabor tersebut mampu eksis dan memberikan medali dalam berbagai ajang tingkat provinsi hingga nasional.

Ketua umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kobar Mulyadin mengatakan, Cabor panjat tebing semakin banyak peminatnya. Namun sayangnya, belum diimbangi dengan dukungan maksimal pemerintah daerah.

"Semakin hari, semakin banyak yang ikut berlatih, karena panjat tebing ini olahraga yang menyenangkan. Mempunyai tantangan tersendiri dan berbeda dengan Cabor lain," kata Mulyadin belum lama ini.

Memang, saat ini Kobar sudah mempunyai tempat panjat tebing yang standar nasional. Namun, itu tak ditunjang dengan peralatananya, karena semua alat itu didukung perorangan.

"Sampai peralatan lati ya kita harus beli sendiri buat latihan anak-anak. Kemudian seperti sepatu dan oenunjang lainya ada dari sumbangan orang tua agar anaknya bisa ikut latihan. Seperti ini kondisinya," ujarnya.

Padahal, panjat tebing ini juga mempunyai atlet berprestasi. Seperti yang terakhir itu pekan olahraga pelajar provinsi (PopProv) Kalteng juga menyumbangkan tiga medali emas.

"Temen-temen di lapangan terus semangat menjaring atlet meskipun semakin banyak yang ikut latihan. Ini menjadi tantangan sendiri agar kedepan bisa mencetak atlet yang berprestasi," jelasnya.

Tahun 2023 mendatang, bakal ada pekan olahraga Provinsi (Porprov). Sebagai persiapan, perlu dilakukan evaluasi dari berbagai pertandingan sebelumnya, sehingga nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

"Terutama membentuk mental dari atlet tidak hanya sekedar fokus medalu. Namun menu latihan dibanyaki dan mengupayakan ikut kejuaraan panjat tebing, baik provinsi maupun nasional. Karena ketika jam terbang tinggi, semakin jadi mental atletnya," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru