Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Kapuas: Pemahaman Kurikulum Bagi Tenaga Pendidik Mutlak Diperlukan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 Juli 2022 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Wakil Bupati (Wabup) Kapuas, HM Nafiah Ibnor menghadiri Audiensi Implementasi Kurikulum Merdeka antara Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Pemerintah Kabupaten Kapuas di aula dinas pendidikan setempat. 

Nafiah mengatakan, pemahaman kurikulum bagi guru dan semua jajaran tenaga pendidik lainnya mutlak diperlukan. Sebab, kurikulum itu berfungsi sebagai patokan dalam proses pembelajaran disuatu sekolah atau lembaga pendidikan.

“Dengan demikian, konsep kurikulum yang wajib dipegang oleh seorang guru adalah kurikulum sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan dan sesuai dengan perkembangannya. Sehingga, dapat dikatakan bahwa kurikulum dan pembelajaran abgaikan dua sisi dari satu komponen yang saling membutuhkan,” katanya, Rabu, 27 Juli 2022.

Nafiah Ibnor melanjutkan, pendidikan adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari arus globalisasi karena berkaitan erat dengan ketersediaan danpenyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) di dalamnya.

“Kurikulum adalah merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam menyelenggarakan system pembelajaran, baik ditingkat pendidikan bawah sampai perguruan tinggi, sehingga penerapan dan pemberlakuan suatu kurikulum dalam dunia Pendidikan anak berdampak luas bagi para anak didik termasuk bagi masyarakat,” ucapnya.

Dirinya berharap, seluruh tenaga pendidik mulai dari PAUD, SD, SMP hingga SMA selalu meningkatkan peran strategis yang selalu siap membangun karakter bangsa, dan selalu meningkatkan perannya dalam membina sekaligus sebagai suri tauladan yang baik bagi peserta didiknya.

"Dan mampu menjadi suri tauladan yang bai pula di tengah-tengah masyarakat. Sehingga, kedepan diharapkan mau dan mampu memberikan inspirasi kepada berbagai pihak tentang pentingnya peran strategis sebagai tenaga pendidik dalam rangka membangun anak bangsa yang maju,” ucapnya.

Hadir dalam kegiayan tersebut, Plt Direktur PAUD Dikdasmen Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Arman Agung, Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Kalimantan Tengah Tomy Haridjaya, Kepala Balai Guru Penggerak Kalteng I Ketut Sukarjaya, Kepala Disdik Kapuas Suwarno Muriyat, Ketua Dewan Pendidikan Kapuas KH Muchtar Ruslan dan kepala sekolah serta Guru Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru