Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Dukcapil Palangka Raya Serahkan 2 Unit Mesin ADM

  • Oleh Hendri
  • 28 Juli 2022 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Palangka Raya menyerahkan dua unit mesin Anjungan Dukcapil Mandiri atau ADM di Kecamatan Pahandut dan Jekan Raya.

Kepala Dinas Dukcapil Palangka Raya, Edie mengatakan mesin tersebut untuk mempermudah proses pencetakan data kependudukan seperti E-KTP, KK, KIA dan Akta Lahir maupun Akta Kematian.

ADM merupakan revolusi layanan administrasi kependudukan telah resmi diluncurkan oleh Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri. Mesin otomatis ini mentransformasikan semua ke dalam mesin yang mirip dengan ATM untuk mengambil uang cash.

"Dengan mesin ADM ini, masyarakat dapat melakukan pencetakan secara mandiri dokumen pribadi milik mereka yang mendadak dibutuhkan," katanya, Kamis 28 Juli 2022.

Meski begitu mesin ini untuk sementara belum bisa digunakan karena belum dipasang jaringan. Untuk pemasangan jaringan diperlukan bantuan dari Kominfo. Selanjutnya ASN Kecamatan akan dilatih oleh Dukcapil sebagai operatornya.

Sementara itu, Camat Pahandut, Berlianto menambahkan, hadirnya mesin ini akan dioptimalkan untuk mendukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA). (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru