Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SDN 1 Pasar Panas Tampilkan Tarian Nikep di Expo Bartim 2022

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 30 Juli 2022 - 22:11 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - SDN 1 Pasar Panas Kecamatan Benua Lima mewakili Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur menampilkan tarian Nikep pada Bartim Expo 2022, Sabtu, 30 Juli 2022.

Tarian ini dimainkan dengan sangat apik oleh tiga pelajar putri dengan menggunakan tanguk dan panggung yang diberi hiasan pohon untuk menggambarkan suasana alam.

Nikep sendiri merupakan tradisi menangkap ikan atau udang secara tradisional dengan alat berbentuk keranjang dari anyaman rotan yang dinamakan tanguk oleh masyarakat Dayak Maanyan.

"Inti materi tarian ini berisi ajakan untuk menjaga sumber daya alam sehingga tidak habis," jelas Heriyono, penata tari yang melatih para penari tersebut kepada Borneonews usai penampilan mereka.

Menurutnya, menjaga kelestarian sumber daya alam harus diajarkan sejak dini untuk membangun kesadaran bahwa sumber daya alam yang ada bisa punah jika tidak dijaga.

"Dengan tarian ini juga kita melestarikan kearifan budaya lokal, serta anak-anak terutama tingkat sekolah dasar bisa lebih mencintai tari tradisional maupun kreasi berbasis budaya lokal dan mempresentasikan dalam berbagai dimensi," imbuhnya.

Heriyono mengungkapkan, tantangan yang dihadapinya dalam mengajarkan tarian tradisional kepada anak-anak usia sekolah dasar yakni belum adanya kegiatan ekstrakurikuler tarian tradisional yang sudah diprogramkan di sekolah.

"Kebanyakan anak-anak karena inisiatif sendiri atau orang tuanya untuk belajar di sanggar tari sehingga pada saat sekolah menunjuk anak yang belum berlatih di sanggar untuk mengikuti lomba kita akan menghadapi kendala tersendiri untuk melatih terutama jika tarian yang akan dilombakan mengangkat tema tertentu," ungkapnya.

Pria yang bekerja pada bagian perencanaan Disbudparpora Barito Timur ini sebelum memberikan latihan tari harus membuat anak-anak tersebut memahami pesan yang ingin disampaikan lewat tarian sehingga memudahkan mereka menjiwai tarian tersebut.

"Kalau mereka sudah mengerti pesan yang ingin disampaikan, maka mereka bisa meresapi dan membuat gerakan-gerakan yang alami sesuai dengan apa yang mereka pahami," jelasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru