Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Upayakan Pembangunan Pabrik Pakan Perikanan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 31 Juli 2022 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berupaya mengoptimalkan pengembangan sektor perikanan, salah satunya dengan berupaya untuk membangun pakan perikanan, khususnya untuk ikan dan udang.

“Hal ini merupakan salah satu dukungan terhadap program strategis shrimp estate. Di mana dalam Detail Engineering Design (DED) kami, sudah direncanakan pembangunan pabrik pakan untuk ikan dan udang, yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan disana,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalteng, Darliansjah baru baru ini.

Selain itu, pihaknya juga berupaya untuk melakukan pengembangan benur atau bibit Udang Vaname. Sehingga, kedepannya bibit udang tersebut tidak lagi didatangkan dari Sidoarjo, seperti yang sudah dilakukan selama ini, tetapi bisa dihasilkan sendiri oleh daerah.

“Pengembangan shrimp estate ini kiblatnya memang ke Sidoarjo, terutama untuk benur atau benih udangnya. Karena disana sudah mengembangkan benur yang kualitasnya sudah bersertifikat, produktivitas dan daya tahan hidupnya pun tinggi. Kami sudah mulai melakukan pengembangan agar Kalteng juga bisa menghasilkan benih sendiri,” katanya.

Menurutnya wilayah Kalteng sangat berpotensi dalam pengembangan sektor perikanan. Pihaknya sejauh ini sudah mendorong agar pemerintah kabupaten untuk menyusun desain kawasan yang ingin dikembangkan sebagai tempat budidaya perikanan.

“Sebenarnya, seluruh kabupaten di Kalteng ini punya potensi, tinggal komoditinya saja. Kami sudah mendorong Kotawaringin Barat, Seruyan, dan Kotawaringin Timur untuk menyusun desain kawasan atau DED-nya. Daerah lain pun bisa melakukan hal yang sama. Dengan begitu bisa dilihat,daerah itu bisa dikembangkan udang vaname atau tidak. Kalaupun tidak bisa, ya jangan dipaksa,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru