Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bela Negara itu Tidak Melulu Angkat Senjata

  • Oleh Penulis Opini
  • 01 Agustus 2022 - 17:20 WIB

…….Saat ini dunia seperti berada dalam genggaman.

Kalimat tersebut tidak asing lagi terdengar di zaman sekarang. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, khususnya pada bidang alat komunikasi seperti smartphone dan juga penggunaan internet. Perubahan tersebut memberikan kita kemudahan dalam mengakses informasi dan memberikan kita kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan.

Sayangnya, kemajuan tersebut belum diimbangi dengan kapasitas pengguna dalam memanfaatkan teknologi. Minimnya literasi digital membuat para pengguna mudah sekali terpapar berita atau informasi hoaks yang beredar di dunia maya atau plat form social media
seperti Youtube, Instagram, dll.

Zaman yang terus bergeser kerap kali membuat beberapa hal yang tadinya dijunjung tinggi di masa lalu tidak relevan lagi di era modern. Namun demikian, menurut Pengamat Hukum Universitas Trisakti Radian Syam di channel youtube nya, hal ini tidak berlaku untuk konsep bela negara.

Berbagai cara dalam mengonsolidasikan kekuatan ilmu yang ada terlebih
mengamalkan rumus bela negara tersebut, yakni dengan cara memanfaatkan era digital secara utuh dengan sebuah tanggung jawab yang didasari oleh norma etika.

Hal ini senada dengan bunyi sila ke 3, yaitu “Persatuan Indonesia” dengan penyebaran berita bohong, fitnah atau biasa disebut hoaks memberikan pengaruh dan efek yang negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Terlebih, berita bohong atau fitnah yang menyebar, telah dimanfaatkan untuk kepentingan politik maupun ekonomi tertentu dari pihak yang menghendaki kerusakan dalam hidup bermasyarakat.

Beredarnya berita bohong, palsu, fitnah atau hoaks, yang menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat, telah dianggap sebagai informasi atau berita yang benar akibat masifnya berita hoaks itu. Sementara, masyarakat juga tidak memiliki pengetahuan dan sumber yang cukup, untuk membedakan informasi atau berita yang diperolehnya benar atau salah.

Ada bahaya besar yang mengancam bila penyebar berita hoax dan juga fitnah tersebut tidak ditindak dengan tegas. Bahaya besar yang dimaksud adalah bisa mengancam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
 
Saat ini yang terpenting bagi kaum milenial bukan hanya mengetahui teknologi digital, tapi juga harus menjalankan rumus bela negara tersebut dengan rasa cinta Tanah Air serta menghilangkan hoax karena bela negara bukan hanya semata-mata angkat senjata. Saling menghargai satu-sama lain sebagai warga negara Indonesia, baik secara langsung maupun di
dunia maya seperti media sosial, adalah langkah kecil utama yang mendasari bela negara. 

Penulis: Hidayati/Peserta LATSAR CPNS Puslatbang KDOD Angkatan XXVII

Berita Terbaru