Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SMKN 2 Kapuas Gelar IHT Implementasi Kurikulum Merdeka Program SMK Pusat Keunggulan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Agustus 2022 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - SMKN 2 Kuala Kapuas menggelar In House Training (IHT) implementasi kurikulum merdeka. Kegiatan diikuti dewan guru dan staf tata usaha SMKN setempat. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala SMKN 2 Kuala Kapuas, Henny itu sebagai persiapan menjalankan program SMK Pusat Keunggulan.

Diketahui, SMKN 2 Kuala Kapuas menjadi salah satu sekolah terpilih yang akan melaksanakan program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) pada periode di tahun 2022. Program ini merupakan salah satu Kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Adapun program SMK Pusat Keunggulan ini mendorong sekolah melakukan transformasi diri untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dan mengembangkan hasil belajar secara holistik dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

"Oleh karena itu, perlu adanya persiapan kompetensi dan kapasitas guru untuk melakukan reformasi dan restrukturisasi pendidikan," kata Henny.

Dia melanjutkan, kegiatan IHT implementasi kurikulum merdeka ini berlangsung mulai tanggal 2 - 13 Agustus 2022 mendatang, bertempat di SMKN 2 Kuala Kapuas.

"Harapannya dari kegiatan IHT ini peserta dapat menerapkan pembelajaran paradigma baru di sekolah dengan mengacu pada filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara," harapnya.

Sehari sebelumnya, pihak SMKN 2 Kuala Kapuas juga telah menggelar sosialisasi pembelajaran kurikulum merdeka. Di SMKN 2 Kuala Kapuas sendiri terdapat beberapa program keahlian, yakni Teknik Audio Video, Akomodasi Perhotelan, Tata Boga, Tata Kecantikan dan Tata Busana.  

Sekadar diketahui, kegiatan menghadirkan narasumber dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis dan Pariwisata, Andrean Hartanu Wibowo. Turut hadir perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Pengawas SMK Anang Mulyana. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru