Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Gumas Berharap Generasi Penerus Bebas Stunting

  • Oleh Riska Yulyana
  • 02 Agustus 2022 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Wakil Bupati Gunung Mas (Gumas) Efrensia L.P Umbing berharap, generasi penerus khususnya di Kabupaten Gunung Mas bisa bebas dari stunting.

Hal itu disampaikan dirinya saat membuka Pelaksanaan Kegiatan Rekonsiliasi Stunting Tingkat Kabupaten atau Kota, di ruang rapat lantai I kantor bupati, Selasa, 2 Agustus 2022.

"Seperti yang kita ketahui salah satu Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gunung Mas yaitu smart human resources, diharapkan generasi penerus harus bebas dari stunting khususnya Kabupaten Gunung Mas," ujarnya. 

Lebih lanjut, Kabupaten Gumas yang berdasarkan data, angka  prevalensi stunting masih tinggi sehingga perlu kesadaran bersama untuk melakukan intervensi untuk menurunkan angka tersebut. 

Dirinya menjelaskan, stunting merupakan kondisi gangguan pertumbuhan pada anak akibat kekurangan gizi kronis yang ditandai tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Stunting itu sendiri berdampak pada tingkat kecerdasan, kerentanan terhadap penyakit, menurunkan produktivitas dan menghambat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan dan ketimpangan.

"Stunting menjadi masalah yang disebabkan oleh multi dimensi sehingga penanganannya pun harus mengedepankan intervensi sensitif yang melibatkan lintas multi sektoral,” tukasnya. (RISKA YULYANA/B-7) 

Berita Terbaru