Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Dorong Pemda Bangun Kampung Wisata Konsep Budaya Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 06 Agustus 2022 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siti Nafsiah mendorong pemda baik provinsi, kabupaten dan kota melalui instansi terkait supaya dapat membangun kampung wisata dengan konsep budaya Kalteng.

Menurutnya, kampung wisata dengan konsep budaya Kalteng ini perlu dibangun guna memaksimalkan potensi yang ada, sekaligus untuk mempromosikan atau mengenalkan budaya, kesenaian, serta kearifan lokal masyarakat suku dayak kepada wisatawan.

"Upaya ini juga menjadi salah satu langkah untuk menggali pendapatan daerah dari sektor pariwisata, dan ini perlu mejadi perhatian pemda mewujudkan, karena kami menilai akan ada banyak dampak positif yang didapatkan nantinya," ucapnya, Sabtu, 6 Agustus 2022.

Selain itu, ia mengatakan keberadaan kampung wisata berkonsep budaya ini akan menjawab rasa penasaran wisatawan yang selama ini kebingungan mencari hal-hal yang berbau seni budaya suku dayak ketika berkunjung ke Bumi Tambun Bungai.

Di sisi lain, konsep yang dinilai strategis ini tidak hanya menjadi magnet bagi wisatawan untuk sekedar melihat-lihat saja, tapi juga bisa dikembangkan lebih jauh seperti menjadi sarana bagi pengunjung untuk melakukan penelitian terhadap seni dan budaya Kalteng.

"Adanya konsep tersebut akan memudahkan wisatawan untuk melihat pertunjukan seni budaya serta kearifan lokal masyarakat suku dayak karena tersentral pada satu titik. Para pelaku seni tradisional setempat juga bisa dilibatkan dalam pembuatan konsep kampung wisata itu, supaya benar-benar mencerminkan kehidupan masyarakat dayak dimasa lampau sekaligus menambah daya tarik," tandasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru