Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lisda Arriyana : Batamad Jaga Kearifan Lokal dan Harkat Martabat Utus Dayak

  • Oleh Uriutu
  • 08 Agustus 2022 - 17:21 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pj Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana meminta Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak atau Batamad menjaga kearifan lokal dan harkat martabat utus dayak.

Pesan itu disampaikan Pj Bupati Barsel saat menghadiri pelantikan dan pengukuhan kepengurusan Batamad zona Kecamatan Dusun Hilir periode 2022-2027 oleh Komandan Brigade Batamad Barsel Marcopolo RG SH.

“Mari jaga kekompakan dan kebersamaan dalam menjalankan tugas pokok Batamad dalam menjaga harkat dan martabat utus dayak, serta tetap menjaga kearifan lokal suku dayak,” katanya.

Kemudian mengawal keputusan damang dalam lembaga adat dan ikut serta menjaga keamanan seluruh masyarakat khususnya masyarakat adat dayak Dusun Hilir serta menjaga keamanan NKRI di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

Menurutnya, tugas dan tanggung jawab Batamad sangatlah penting dan besar untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Untuk itu pengurus Batamad zona Dusun Hilir haruslah mampu mendukung peningkatan kinerja organisasi dalam mewujudkan kemajuan daerah secara umum tanpa meninggalkan atau mengesampingkan jati diri masyarakat  dayak pada khususnya.

“Batamad juga harus bisa lebih merekatkan kebersamaan dan persatuan kita kedepan juga menjadi wadah dan sarana mempersatukan, menggalang eksistensi masyarakat dayak, menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama,” ucap dia.

Sementara Komandan Brigade Batamad Barsel, Marcopolo RG mengatakan bahwa Batamad memiliki tugas untuk mengawal perjuangan masyarakat adat dayak derta, mempertahankan keberadaannya membantu tugas damang dalam menegakkan hukum adat dan mengantisipasi gangguan terhadap NKRI.

“Batamad sebagai sebuah lembaga yang menjunjung tinggi  nilai-nilai kearifan lokal tetap menjaga marwah lembaga, sehingga terwujud  visi misi pemersatu dan pemberdayaan masyarakat hukum adat Dayak,” jelasnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru