Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Barito Utara Gelar Pertemuan Analisis Hasil Surveilans Gizi

  • Oleh Ramadani
  • 11 Agustus 2022 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara (Dinkes Barut) menggelar pertemuan analisis hasil surveilans gizi tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2022 di aula Dinas Kesehatan setempat.

Kegiatan pertemuan tersebut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan, H Siswandoyo, kepala bidang lingkup Dinas Kesehatan, kepala puskesmas se-Barito Utara dan TPG puskesmas se-Barito Utara serta penanggungjawab program gizi puskesmas se-Barito Utara. 

“Masalah gizi akan terus berlangsung, selama faktor-faktor penyebabnya belum dapat diperbaiki," kata Siswandoyo, Kamis, 11 Agustus 2022.

Siswandoyo menuturkan, surveilans gizi sebagai alat untuk membantu pengelola program perbaikan gizi masyarakat dalam mengamati perkembangan masalah gizi, melalui analisis terhadap indikator gizi dan faktor penyebabnya secara berkala dan terus menerus.

Dengan surveilans gizi, kata dia, para pengambil keputusan dapat melakukan tindakan-tindakan pencegahan dan penanggulangan yang tepat sasaran, tepat waktu, efektif dan efesien.

“Dengan adanya pertemuan surveilans ini diharapkan agar puskesmas di wilayah Kabupaten Barito Utara dapat melaksanakan surveilans gizi dengan baik,” kata Siswandoyo.

Dikatakannya, ketersediaan data yang cepat tepat dan akurat harus selalu ada di Puskesmas, khususnya data status gizi balita yang bisa dilihat melalui pelaporan sigizi (EPPGBM).

Sementara itu, Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan, Eny Franziah mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk menganalisa data hasil surveilans gizi puskesmas sampai triwulan II.

Kemudian, tersedianya data gizi yang akurat dan tercapainya kesepakatan bersama dalam tindak lanjut pelaksanaan kegiatan analisis hasil surveilans. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru