Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rumah Betang Pemkab Barito Utara yang Terbakar di Palangka Raya Ditempati 25 Santri

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 12 Agustus 2022 - 14:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebuah rumah Betang milik Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) di kawasan sentra industri Jalan Sisingamangaraja 6 Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya hangus terbakar. Saat terjadi kebakaran, rumah miniatur budaya Kalteng itu dihuni 25 santri dan 4 pembimbing dari Barito Utara dalam rangka mengikuti kejuaran sepak bola Liga Santri se-Provinsi Kalteng di Palangka Raya.

Atas peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Namun kerugian materil akibat kebakaran itu ditafsir hingga miliaran rupiah. Salah satu santri, Ruben mengatakan, saat terjadi kebakaran itu, ia sedang terlelap tidur.

"Ketika terjadi kebakaran, saya bersama teman lainnya sedang tidur. Dan terbangun lantaran mendengar suara berisik serta mencium bau asap ternyata ada api dan selanjutnya, kami bergegas keluar rumah," ucap Ruben diamini rekan lainnya, Jumat 12 Agustus 2022.

Sementara, penjaga rumah Betang, Yanmiko (45) menambahkan, sebelum terjadi kebakaran, sudah dua kali lampu mati.

Ketika Yanmiko hendak mengecek sakral lampu, ia terkejut melihat api dari atas bangunan dan asap tebal.

"Kemudian saya memberitahukan kepada para penghuni rumah Betang itu bahwa ada api," kata Yanmiko menambahkan.

Informasi terhimpun, puluhan santri dari Kabupaten Barito Utara yang menginap di rumah Betang itu dalam rangka mengikuti Liga Santri  (Sepakbola) memperebutkan piala Kasad 2022 Regional Korem 102/Panju Panjung yang digelar di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Para Santri tersebut sempat beberapa hari sudah menempati rumah Betang milik Pemerintah Kabupaten Barito Utara. Untuk sementara, para Santri tersebut mengungsi di tempat pengelola sentra industri setempat.

Kini kasus tersebut masih dilakukan penyelidikan oleh pihak Kepolisian setempat penyebab pasti kebakaran sebuah rumah Betang di Jalan Sisingamangaraja 6. (PARLIN TAMBUNAN/B-6)

Berita Terbaru