Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bulan Muharram dalam Semarak Kemerdekaan

  • Oleh Noor Annisa
  • 14 Agustus 2022 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bulan Muharram merupakan awal tahun di bulan Hijriah. Saat ini, bulan Muharram 1444 Hijriah bertepatan dengan bulan Agustus, atau bulan dalam menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Semarak bulan Agustus begitu terasa di kalangan masyarakat. Mulai dari memasang bendera, baleho, spanduk dan umbul-umbul. Selain itu, juga diisi dengan berbagai lomba yang menghibur dan modern, seperti fashion show bertema kemerdekaan, tari kreasi modern, pawai carnaval, hingga lomba-lomba yang umumnya ditemui pada bulan Agustus.

Tidak hanya itu, beberapa sekolah dan lembaga kini juga merangkai kegiatan untuk memeriahkan bulan Agustus dan bulan Muharam dengan mengusung tema islami.

Salah satunya Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Madaniyah Samuda, Kabupaten Kotawaringin Timur (Timur) yang menggelar acara untuk memeriahkan bulan Muharram dan HUT RI yang ke 77. Kegiatan juga sekaligus memperingati Hari Jadi Yayasan Pendidikan (YPI) SDIT Al Madaniyah yang ke 11.

"Kegiatan dilaksanakan setiap tahun untuk memberikan edukasi kepada anak Didik seputar tahun baru Hijriah dan keistimewaan pada bulan Muharram," ujar Kepala SDIT Al Madaniyah, Samuda, Muttaqin Sauqi, Minggu, 14 Agustus 2022.

Lomba keagamaan sekaligus untuk mengukur ketercapaian minat bakat peserta didik terhadap program sekolah, seperti lomba adzan, hafalan surah, kaligrafi, dai cilik dan lain-lain. Selain lomba, SDIT Al Madaniyah juga menggelar sunatan massal dan khataman Alquran.

Tidak ketinggalan, lomba membaca teks proklamasi, membaca puisi kemerdekaan, balap karung, tarik tambang hingga vocal solo juga digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI.(NOOR ANNISA/B-7)

Berita Terbaru