Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Palangka Raya Ingatkan Masyarakat Waspada Penyakit di Masa Pancaroba

  • Oleh Donny Damara
  • 15 Agustus 2022 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo mengingatkan kepada seluruh masyarakat di kota setempat supaya senantiasa waspada terhadap penyakit dimasa pancaroba.

Cuaca di Kota Palangka Raya saat ini lebih mengarah pada iklim pancaroba. Pancaroba sendiri yaitu sebuah kondisi cuaca mengalami keadaan yang tidak menentu, siang terasa begitu panas dan malam hari turun hujan deras.

"Dengan kondisi ini maka seseorang yang tidak sedang berada pada kondisi fit, akan mudah mengalami penyakit penyerta yang biasa datang bersamaan dengan musim pancaroba seperti sekarang," kata Andjar, Senin, 15 Agustus 2022.

"Adapun Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai pada saat musim pancaroba yakni seperti diare, influenza, demam berdarah, infeksi saluran pernafasan atas atau ISPA, juga chikungunya," tambahnya.

Ia menjelaskan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan masyarakat supaya tidak terpapar penyakit di musim pancaroba. Contohnya seperti terhindar dari DBD, yaitu dengan mencegah perkembangan populasi nyamuk dan menerapkan 3M Plus.

Selain itu, masyarakat juga bisa melakukan tindakan preventif lainnya. Seperti mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, menjaga imunitas, kebersihan lingkungan, makanan dan minuman, serta selalu mencuci tangan sebelum makan.

Selanjutnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), dan apabila mengalami beberapa gejala penyakit, maka segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat, agar segera mendapatkan pertolongan serta penanganan cepat, tepat, serta sesuai dengan diagnosis dari gejala yang muncul.

"Dan yang paking penting yaitu jangan lupa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan serta melakukan vaksinasi untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok di tengah pandemi Covid-19," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru