Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Over Kapasitas, Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun Perlu Tambah Ruangan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 Agustus 2022 - 16:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pangkalan Bun telah melebihi kapasitas, sehingga harus dilakukan penambahan penambahan ruangan.

Kalapas Kelas IIB Pangkalan Bun, Mukhtar menyampaikan Lapas Kelas II B Pangkalan Bun telah melebihi kapasitas, karena sesuai standar hanya berkapasitas 226 orang, tetapi saat ini dihuni 726 orang.

"Dengan kondisi ini kami pun selalu mengusulkan untuk penambahan rehab kantor, maupun menambahkan ruangan untuk daya tampung ke kantor wilayah, kami masih menunggu realisasinya," ujarnya saat dikonfirmasi usai mengikuti upacara HUT RI ke 77 di halaman Kantor Bupati Kobar.

Lanjutnya, persoalan over kapasitas ini bukan hanya terjadi di LP Kelas IIB Pangkalan Bun, namun banyak lapas di tanah air mengalami persoalan yang sama. Kendati demikian upaya pembinaan tetap dilakukan secara maksimal.

"Persoalan over kapasitas ini memang banyak terjadi di LP yang ada di Indonesia. Namun secara profesional dan dengan berbagai sarana prasarana termasuk SDM, kita tetap upayakan pelayanan terbaik," ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk beberapa upaya yang dilakukan mengatasi permasalahan over kapasitas ini, pihaknya telah melaksanakan program asimilasi bagi warga binaan yang telah memenuhi syarat, serta mengusulkan mutasi narapidana ke lapas yang masih tersedia.

"Untujk mengantisipasi over kapasitas solusinya adalah, pemerintah ada program asimilasi dari rumah untuk mengurangi kepadatan isi lapas, sekaligus mencegah penyebaran Covid-19 dan selanjutnya memutasikan sejumlah narapidana," pungkasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru