Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Kembangkan Budidaya Tanaman Sehat Seluas 50 Hektare di Kecamatan Paku

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Agustus 2022 - 08:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur melalui Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP mengembangkan budidaya tanaman sehat atau BTS padi seluas 50 hektare pada musim tanam April-September di Kecamatan Paku.

BTS merupakan model pertanaman yang diperlakukan dengan budidaya sehat seperti pemilihan benih sehat, pemupukan yang tepat, pengendalian organisme pengganggu tanaman atau OPT yang tepat dengan pemanfaatan musuh alami dan refugia atau mikrohabitat yang ditanam di sekitar tanaman yang dibudidayakan bagi predator dan parasitoid untuk berkembang biak.

BTS varietas unggul adaptif dengan lingkungan, ramah lingkungan karena tidak menggunakan zat kimia, produksi bisa meningkat dan menghasilkan tanaman sehat bebas residu serta berkelanjutan.

Dalam upaya mensukseskan program tersebut pemerintah memberikan bantuan kepada kelompok tani pelaksana seperti benih varietas unggul, pupuk hayati, pembenah tanah serta pestisida biologi.

"Saat ini semua petani sudah menanam padi dengan umur tanaman bervariasi 40-45 hari," ungkap Koordinator BPP Paku Asbel Serep, Minggu, 21 Agustus 2022.

Untuk mensukseskan program tersebut BPP Paku memaksimalkan luas tanam padi dengan melakukan pendampingan kegiatan setiap musim tanam serta membuat jadwal kegiatan dari pengolahan tanah sampai panen.

"Penyuluh juga selalu berkoordinasi baik dengan petani maupun BPP agar setiap kegiatan sesuai jadwal sehingga hasil panen maksimal," jelasnya.

Meski demikian dalam upaya meningkatkan produksi padi ini petani juga menghadapi kendala seperti ketersediaan air untuk mengairi sawah.

"Masalah air karena ada sebagian saluran yg rusak atau bocor, sedangkan serangan hama penyakit masih di ambang batas aman," terangnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru