Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Destinasi Wisata Hingga Ekonomi Kreatif Siap Sambut UCI MTB

  • Oleh Hendri
  • 23 Agustus 2022 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Even balap sepeda gunung tingkat dunia Union Cycliste Internationale  Mountain Bike (UCI MTB) Eliminator World Cup 2022 seri ke 8, tinggal menghitung hari lagi. Pemerintah Kota Palangka Raya melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan perhelatan tersebut pada 28 Agustus di area Stadion Tuah Pahoe.

Pelaksana Tugas Sekretaris Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangka Raya, Kuncoro Adi memastikan, destinasi wisata unggulan di kota setempat, siap menyambut even dunia tersebut.

"Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin sebelumnya sudah mengeluarkan surat edaran terkait even UCI MTB, dimana perangkat daerah dan semua pelaku kepariwisataan diminta untuk membersihkan, sekaligus melakukan pembenahan dan peremajaan infrastruktur wisata yang ada. Edaran tersebut sejauh ini terus dijalankan dengan maksimal," ungkapnya, Selasa, 23 Agustus 2022.

Kuncoro Adi mencontohkan, destinasi wisata Dermaga Kereng Bangkirai (Air Hitam), Arboretum Nyaru Menteng, Sei Gohong, Subut Ringan Sari, Susur Sungai Kahayan semuanya telah siap menyambut UCI MTB.

"Destinasi dan obyek wisata tersebut nantinya akan menjadi tujuan rute perjalanan wisata, baik untuk peserta UCI MTB maupun wisatawan atau tamu dari dalam dan luar negeri," bebernya.

Namun demikian lanjut Kuncoro Adi, tidak hanya destinasi wisata unggulan saja yang siap, akan tetapi bidang lainnya seperti wisata kuliner serta produk unggulan dari usaha kecil menengah (IKM dan UMKM), juga siap memanfaatkan momentum itu.

Dalam edaran wali kota, juga memuat upaya menyemarakkan pelaksanaan UCI MTB tersebut, dimana pihak perhotelan, biro perjalanan wisata, destinasi wisata, dan pusat perbelanjaan, termasuk usaha kuliner, diminta untuk memainkan atau menghidupkan musik dan lagu-lagu khas Kalteng.

"Berikutnya, bagi seluruh karyawan, pelaku dan pegiat wisata serta jasa kepariwisataan dan lain-lain, diminta menggunakan atribut atau pakaian khas Kalteng. Itu semua sebagai upaya mempromosikan dan menyambut UCI MTB," terangnya.

Sekedar diketahui tambah Kuncoro Adi, even UCI MTB ini tentu akan dimanfaatkan dengan optimal oleh Pemko Palangka Raya. Terutama dengan menggerakkan semua bidang unggulan. Baik bidang seni budaya, hingga UMKM.

"Pada tanggal 26-29, kami akan melaksanakan pagelaran seni budaya, yang dipusatkan pada tiga titik berbeda, yakni di Taman Pasok Kameloh dan sepanjang Pusat Kuliner Tunggal Sangomang. Selain itu ratusan UMKM se Kalteng dan ekonomi kreatif (Ekraf) juga akan memeriahkan bazar diarea atau venue UCI MTB," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru