Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pacu Produksi Padi melalui Peningkatan SDM

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 31 Agustus 2022 - 14:31 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Salah satu implementasi dari misi Pemerintah Kabupaten Lamandau, yakni memperkuat kemandirian ekonomi. Salah satunya melalui program peningkatan produksi padi sawah.

“Untuk mewujudkannya, perlu pelatihan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), tertuma para petani,” kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Rabu 31 Agustus 2022.

Hendra, dalam upayanya tersebut pihaknya mengaku sudah menggelar sejumlah pelatihan bagi para petani terkait pengembangan teknologi budidaya padi sawah lahan gambut.

Pelatihan itu disebut sebagai salah satu upaya pemerintah daerah mendorong dan menghidupkan kembali aktivitas kelompok tani maupun petani persawahan yang ada di wilayahnya.

Tujuannya yakni mewujudkan kemandirian pangan yang dimulai dari peningkatan kapasitas pengetahuan maupun keterampilan petani dan masyarakat, dalam budidaya padi sawah di lahan gambut.

“Saya harap potensi lahan persawahan yang ada ini, secara bertahap pembukaan lahan sawah dapat diwujudkan kembali, dikelola dan dioptimalkan dengan keterlibatan berbagai pihak,” jelasnya.

Hendra pun mengajak semua pihak mendukung upaya pemerintah kabupaten, dalam mewujudkan kemandirian pangan berkelanjutan. Hingga pada akhirnya mencapai surplus produksi pangan.

Dia pun menjelaskan, pelatihan tersebut sebagai salah satu alternatif solusi mencegah dan mengurangi kebakaran lahan, tetapi tetap menunjang tercapainya peningkatan produksi pangan (HENDI NURFALAH/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru