Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim Salut Perusahaan Bantu Jalan Beton Poros Tanah Mas

  • Oleh Magang 1
  • 30 Agustus 2022 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menyatakan salut dan mengapresiasi perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Sinar Jaya Inti Mulia (PT SJIM) yang menyatakan komitmennya membantu peningkatan jalan poros Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Baamang dengan konstruksi jalan beton atau rigid pavement. 

"Saya sebagai ketua komisi IV sangat apresiasi dan terima kasih kepada pihak PT SJIM yang dalam hal ini melakukan peningkatan jalan berupa rigit beton sepanjang lima km di wilayah kelurahan poros jalan Tanah Mas. Luar biasa karena ini tanpa konsorsium. Murni 100 persen anggaran dari perusahaan tersebut," kata Ketua Komisi IV DPRD Muhammad Kurniawan Anwar di Sampit, Selasa. 

Kepastian PT SJIM meningkatkan jalan poros Tanah Mas menjadi jalan cor beton disampaikan dalam rapat yang dihadiri camat, lurah, aparat penegak hukum, DPRD, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, PDAM, masyarakat dan pihak terkait lainnya. 

Ruas jalan poros Tanah Mas merupakan jalan milik pemerintah yang turut dimanfaatkan oleh PT SJIM. Sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian, pihak perusahaan menanggung 100 persen biaya peningkatan jalan tanah itu menjadi jalan beton. 

Menurut Kurniawan, ini merupakan energi positif dan proyek percontohan yang sangat baik. Pihaknya sangat bangga ketika pihak pelaku usaha seperti ini sangat berperan dalam pembangunan dan membantu roda ekonomi masyarakat dan daerah.

Berbeda dengan Jalan Mohammad Hatta atau lingkar selatan yang saat ini belum ada kejelasan kapan akan direalisasikan perbaikannya. Hal ini sangat ironis karena di sana ada puluhan perusahaan yang berkepentingan terhadap jalan tersebut. 

"Kami dari komisi IV akan tetap mengawal lingkar selatan hingga fungsional, dan pemerintah daerah juga harus fokus. Terlebih, jalan dalam kota sudah mulai bergelombang karena muatan truk yang melebihi bobot," tegas Kurniawan.

Apresiasi juga disampaikan Wakil Ketua Komisi III yang merupakan wakil rakyat dari daerah pemilihan Kecamatan Baamang dan Seranau, Dadang Siswanto. Dia sangat mengapresiasi kepedulian PT SJIM yang dengan penuh tanggung jawab menanggung 100 persen biaya peningkatan jalan poros Tanah Mas. 

"Ini sangat luar biasa karena PT SJIM menanggung biaya besar untuk peningkatan jalan tersebut. Tahap pertama saja mencapai Rp6 miliar. Kami berharap supaya ini bisa dicontoh dunia usaha yang lain bahwa peranan dunia usaha sangat diharapkan dalam mempercepat pembangunan di Kotim," tegas Dadang Siswanto. 

Sementara itu, Perwakilan PT SJIM, Warno saat rapat tersebut menyampaikan bahwa pengerjaan peningkatan Jalan Tanah Mas akan dilakukan sepanjang lima kilometer. Untuk tahap awal pada 2022 ini akan dilaksanakan sepanjang 2,6 kilometer dengan kontruksi cor beton dengan ketebalan 25 centimeter + 10 centimeter sehingga total ketebalan 35 centimeter. 

Berita Terbaru