Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Indeks Kualitas Tutupan Lahan Palangka Raya Masuk Kategori Baik

  • Oleh Hendri
  • 02 September 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Achmad Zaini mengatakan nilai Indeks Kualitas Tutupan Lahan (IKTL) di daerah setempat masuk kategori baik.

"Berdasar hitungan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH), pada tahun ini nilai indeks kualitas tutupan lahan mencapai 79,81 atau berklasifikasi baik," katanya, Jumat, 2 September 2022.

Selain itu, nilai Indeks Kualitas Udara (IKU) di Palangka Raya berada di angka 92,60 dan Indeks Kualitas Air (IKA) sebesar 54. Dengan nilai masing-masing IKU, IKA dan IKTL maka nilai indeks kualitas lingkungan hidup masuk dalam kategori baik dengan capaian indeks kualitas diangka 75,29.

Menurut Zaini, angka indeks kualitas lingkungan hidup itu menunjukkan bahwa saat ini gambaran kualitas lingkungan hidup masih terjaga kelestariannya. Pelaksanaan pembangunan dan pengelolaan lingkungan hidup berjalan seimbang.

Dia mengatakan, tahun ini pengolahan data IKLH dilakukan secara terpadu melalui sistem yang terintegrasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berdasarkan hasil entry data dari tiap-tiap daerah.

Indikator yang digunakan untuk menghitung IKA berasal dari informasi kebutuhan oksigen biokimiawi (BOD), kebutuhan oksigen kimiawi (COD), padatan tersuspensi  total (TSS), oksigen terlarut, nitrat, fosfat dan fecal coliform dan total coliform.

Pemantauan kualitas air ini dilakukan sungai-sungai utama yang melintasi perkotaan. IKU dihitung menggunakan parameter sulfur dioksida (SO2) dan nitrogen dioksida (NO2).

Data IKU berasal dari pengukuran dari Stasiun Air Quality Managemen System yang mewakili lokasi transportasi, industri, permukiman dan perkantoran.

Selanjutnya, dalam penghitungan IKTL merupakan luas tutupan hutan dan luas tutupan vegetasi non hutan dalam sebuah kawasan. Terdiri dari hutan primer, sekunder, luas tutupan belukar dan belukar rawa yang berada di hutan dan hutan lindung. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru