Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dorong Perekonomian Integrasikan Ruang Publik dan Masjid

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 02 September 2022 - 22:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pengamat Sosial, Zaky Yopie menilai pengembangan Masjid Kubah Kecubung, Kota Palangka Raya bisa diintegrasikan dengan ruang publik dan mendorong perekonomian.

“Saya kira itu bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia. Saya rasa gubernur kita punya concern soal itu. Jadi, nanti bisa diintegrasikan ruang-ruang publik di halaman masjid. Apalagi di waktu tertentu biasanya ada pasar malam yang dibangun warga di jalan sekitar masjid,” katanya.

Zaky menilai saat ini yang menjadi urgensi dan harus segera diselesaikan adalah pembangunan Masjid Kubah Kecubung itu sendiri. Sebab jika tidak segera diselesaikan, maka dampak positif yang diharapkan tidak akan pernah terjadi.

Sebagai upaya percepatan, pemerintah provinsi dinilai perlu memiliki kehendak politik, terutama berkaitan dengan alokasi anggaran, untuk berkolaborasi dengan pemerintah kota.

Selain itu dalam skema pembiayaan jika memungkinkan dapat menggunakan dana diluar pemerintah, seperti dana CSR dari pihak swasta untuk mempercepat pembangunan masjid.

“Meski efek dominonya banyak kalau tidak selesai, maka tidak akan kelihatan juga. Kalaupun nanti sudah jadi, saya harap masyarakat bisa menjaganya,” tuturnya.

Ia menekankan fasilitas publik adalah milik bersama dan sudah menjadi tanggungjawab semua agar kondisinya selalu baik.

“Kalau bisa penyelesaian pembangunan masjid ini bisa selesai sebelum 2024 supaya bisa menjadi legacy dari pemimpin sebelumnya,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru