Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Ingin Industri Lokal Berperan Aktif Kelola SDA

  • Oleh Donny Damara
  • 03 September 2022 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran menginginkan industri lokal dapat berperan aktif dalam mengelola kekayaan sumber daya alam (SDA) yang ada di Kalteng.

Menurutnya, SDA di Kalteng sangat berlimpah dan kekayaan SDA ini jangan sampai hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu saja. Oleh sebab itu, peran aktif industri lokal sangat dibutuhkan.

"Kita sangat mendukung industri lokal untuk mengelola SDA di Kalteng. Salah satu dukungan yang sudah kita berikan juga yakni memberikan sertifikasi bagi industri lokal yang ada," ucapnya, Sabtu, 3 September 2022.

Selain itu, dukungan lain yang diberikan juga yaitu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) baik melalui berbagai pelatihan maupun dari sektor pendidikan. Pasalnya, melalui hal ini nantinya akan tercipta SDM berkualitas yang bisa diserap menjadi tenaga kerja.

Di sisi lain, ia mendorong pemerintah pusat melalui kementerian terkait agar dapat mewujudkan pengembangan serta pembangunan hilirisasi industri potensial di wilayah kabupaten dan kota se-Kalteng.


"Selain industri lokal yang sudah ada, kita juga ingin pemerintah pusat membangun perusahaan industri di provinsi ini. Nah, apabila di Kalteng dibangun perusahaan industri maka akan berdampak terhadap terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat lokal Kalteng," ujarnya.

Terlepas dari itu, dirinya juga mengharapkan agar pemerintah pusat bisa memanfaatkan industri lokal di Kalteng untuk mengolah atau mengelola SDA yang ada di daerah ini, sehingga kedepan akan berdampak terhadap kemajuan daerah.

"Harapan kita tentu dengan semua itu SDA di Kalteng bisa terkelola dengan baik dan maksimal. Karena ini akan berdampak positif bagi daerah dan kesejahteraan masyarakat," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru