Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kendala Satgas Penanganan PMK Gunung Mas saat Vaksinasi Ternak

  • Oleh Riska Yulyana
  • 04 September 2022 - 13:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Koordinator Bidang Pencegahan dan Penanggulangan pada Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Gunung Mas, drh. Yuliana Elisabet menjabarkan sejumlah kendala yang dihadapi oleh Satgas Penanganan PMK di wilayah setempat saat bertugas. 

"Kendala utama adalah sebagian ternak masyarakat dipelihara secara ekstensif atau dilepasliarkan di padang penggembalaan," ujarnya pada Minggu 4 September 2022.

Petugas kesulitan saat akan melakukan vaksinasi PMK lantaran mereka sulit menangkap ternak yang dilepas liarkan oleh pemiliknya. Apalagi rata- rata ternak tidak mempunyai tali keluh dan tidak terbiasa untuk dipegang.

Dikatakannya, hal ini juga yang menjadi salah alasan sebagian peternak tidak bersedia untuk ternaknya diberikan vaksin PMK karena pemilik sekalipun tidak dapat menangkap ternaknya yang tidak mempunyai tali keluh atau liar.

"Walau menghadapi sejumlah kendala, Satgas Penanganan PMK Gunung Mas tetap berupaya semaksimal mungkin melakukan vaksinasi PMK kepada hewan ternak, demi mencegah penyebaran PMK," tukasnya.

Sejauh ini Satgas Penanganan PMK Gunung Mas telah melakukan vaksinasi PMK dosis pertama kepada 214 sapi, yang tersebar di sejumlah desa dan kelurahan di wilayah Kecamatan Kurun dan Manuhing serta pihaknya akan terus melakukan vaksinasi kepada ternak di desa atau kelurahan lainnya. (RISKA YULYANA/B-11)

Berita Terbaru